-->

6 Perbedaan Iphone 7 Dan 8

Para penggemar pastinya akan tergiur untuk segera membawa pulang produk terbaru Apple yang di tahun 2019 kemudian diluncurkan. Ada tiga perangkat iPhone terbaru yang menyapa pasar terdiri dari iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X. Salah satu yang cukup banyak diperbincangkan yakni iPhone 8. Menjadi varian teranyar, pastinya pihak vendor banyak menyematkan aneka macam upgrade terbaru ke iPhone 8 ini. Lalu apa saja upgrade itu? apa saja perbedaan iPhone 7 dan 8?
Ada banyak perbedaan iPhone 7 dan 8, setidaknya bisa dilihat dari desain, spek, kamera dan harga. Untuk lebih memperjelas perbedaan iPhone 7 dan 8 berikut poin-poin yang patut diketahui :

1. Desain

Tampilan, dimensi, maupun layar yang ada pada iPhone 7 masih diterapkan ke perangkat iPhone 8. Baik iPhone 7 maupun penerusnya sama-sama tak tersedia lubang colokan headphone. Keduanya berbeda jauh di bab belakang handset. Bagian punggung iPhone 8 mengadopsi materi beling sebagai bentuk pembiasaan terhadap teknologi wireless charging atau pengisian nirkabel. Sementara bab kesing belakang iPhone 7 menggunakan materi aluminium.

2. Berat

Kendati sama-sama membawa diagonal layar 4,7 inci namun untuk iPhone 8 ternyata lebih berat 10 gram dibanding pendahulunya. Berat unit iPhone 7 sebesar 138 gram sementara iPhone 8 mempunyai berat 148 gram. Adapun untuk ketebalan keduanya pun ada selisih 0,2mm. Perangkat iPhone 7 membawa ketebalan unit 7,1mm sementara penerusnya malah lebih tebal dengan ukuran 7,3mm.

3. Spek

Sebelumnya, perangkat iPhone 7 sering diklaim sebagai iPhone berperforma tercepat. Di dalamnya bersemayam prosesor A10 Fusion Quadcore dipadukan dengan 2 GB serta six core GPU. Sementara jeroan iPhone 8 sudah mengadopsi prosesor A11 Bionic yang diklaim bisa menunjukkan performa 25% lebih cepat dibanding prosesor A10 Fusion. Kekuatan dapur pacu dari iPhone 7 dan 8 bisa jadi seimbang, namun dari hasil pengujian ternyata A11 Bionic bisa menunjukkan kinerja 14,7 % lebih cepat dibanding A10 Fusion. Untuk prosesor iPhone 8 sudah dibentuk dengan fabrikasi 14nm sementara prosesor iPhone 7 masih bermanufaktur 16nm.

4. Kamera

Kendati sama-sama menggunakan kamera 12MP f/1.8 namun pihak vendor mengklaim ada perbaikan dari sisi pixel processing, fokus otomatis yang lebih responsif, sekaligus juga hardware noise reduction yang disempurnakan. Di samping itu Apple pun menambahkan fitur optical image stabilization (OIS) di kamera iPhone 8 yang tadinya cuma tersedia di iPhone 7 Plus.

5. Daya Baterai

Kendati iPhone 7 muncul lebih dahulu namun ternyata daya baterainya dibanding baterai yang dibawa iPhone 8 lebih besar. Bila iPhone 8 mempunyai daya baterai 1821 mAh maka iPhone 7 membawa baterai berkekuatan 1960 mAh atau lebih besar sekitar 7,6 %. Perbedaan iPhone 7 dan 8 pun terletak pada fitur baterai dalam hal ini wireless charging yang hanya dimiliki iPhone 8 yang belum ada di versi pendahulunya.

6. Banderol Harga

Perangkat iPhone 7 diluncurkan di tahun 2019 dan dibanderol seharga dari 649 Dollar Amerika untuk varian penyimpanan 32GB atau 749 Dollar Amerika untuk varian 128GB. Adapun iPhone 8 ditawarkan dari 699 Dollar Amerika untuk varian 32GB dan seharga 799 Dollar Amerika untuk varian penyimpanan 128GB di waktu rilis perdananya. Perangkat iPhone 7 ditawarkan lebih murah dari iPhone 8 meski tak terpaut jauh.
Penelusuran Terkait :
LihatTutupKomentar