-->

Gobel Hidup Seperti Pohon Pisang

"Mengapa memilih usaha radio transistor?" Begitu pertanyaan Presiden Soekarno kepada pengusaha Drs. Thayeb Mohammad Gobel, di tahun 1950-an. 

Gobel menjawab takzim: "Supaya pidato Bapak dapat sampai kepada orang-orang di desa, di tempat jauh terpencil, di kaki-kaki gunung, di pulau-pulau, meski di tempat-tempat tersebut belum ada listrik, Pak." Sejarah mencatat, hanya dalam kurun waktu satu dasawarsa (1954-1964) kemudian, sekitar satu juta unit radio transistor "Tjawang" berhasil diproduksi dan dipasarkan dengan baik oleh Thayeb Gobel.

Situs Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyebutkan, Thayeb Mohammad Gobel, kelahiran Tapa, Bone Bolango, Gorontalo, 12 September 1930, pengusaha sukses. Ia pelopor industri elektronik Indonesia dengan mendirikan National Gobel. Bukti kepeloporannya mengembangkan industri elektronik di Tanah Air, pemerintah menganugerahinya Satya Lencana Pembangunan.

Kiprah Thayeb Gobel dimulai 1954, dengan mendirikan PT. Transistor Radio Manufacturing, pabrik radio transistor pertama di Indonesia, dengan nama brand 'Tjawang'. Ia bekerja sama dengan pihak Matsushita Electric Industrial Co., Ltd., Japan, pada 1960 untuk "Technical Assistance Agreement." Hanya dua tahun setelah itu, 1962, ia melahirkan produk TV pertama di Tanah Air.

Ketika itu, perusahaannya diminta merakit televisi hitam putih untuk Asian Games, di Jakarta. Sejak itu, bisnisnya di bawah bendera PT National Gobel, terus berkembang. Pada 27 Juli 1970, ia menjalin joint venture dengan Matsushita Electric Industrial Co., Ltd., di bawah nama PT National Gobel. Panasonic bekerja sama dengan National Gobel dalam penjualan produk-produk perusahaan Jepang tersebut, di Indonesia.

Memasuki 1980, National Gobel jadi Gobel Dharma Nusantara. Lebih satu dasawarsa setelah itu, 1991, menjelma National Panasonic Gobel. Lalu, 1 April 2004 berganti nama jadi PT. Panasonic Gobel Indonesia. Sejak itu, setiap tahun Panasonic menciptakan produk terbaik, sebagai upaya melestarikan budaya kedua perusahaan yang telah diterapkan para pendirinya. Sampai saat ini, di Tanah Air, Panasonic tetap brand elektronik paling terkemuka, dengan sederet produk inovatif. Mulai dari TV plasma, kamera, AC, kulkas, mesin cuci, dan lain sebagainya.


Masa kecilnya tidak terlalu menggembirakan. Perceraian orangtuanya membuat Thayeb Gobel dan adiknya, Dhani Gobel, hidup menumpang dari saudara yang satu ke kerabat lainnya. Meski tetap bisa berkumpul dengan ibu kandungnya saat bersekolah di Sekolah Rakyat, ia tak sepenuhnya bisa bermanja-manja. Karena ibunya sudah menikah lagi, dengan ayah tirinya, guru SD di Tinombolo. Selepas SR, ia hidup dengan pamannya di Gorontalo.

Setelah itu, ia pindah ke rumah pamannya yang lain, di Makassar. Di ibu kota Sulawesi Selatan ia bersekolah di SMP dan SMA Yayasan Perguruan Sawerigading. Thayeb Mohammad Gobel merajut mimpinya dari Desa Tapo, Gorontalo, Sulawesi Utara, tanah kelahirannya. Sejak kecil ia memiliki obsesi kuat untuk maju. Dengan bekerja keras, ia akhirnya meraih gelar sarjana.

Gobel menjalani karir bisnisnya dari bawah. Dimulai dari tenaga administrasi di Makassar, salesman di Dasaad Musin Concern, kepala cabang di Fasco Surabaya. Setelah berganti-ganti pekerjaan, dari guru SMP hingga wakil direktur, Gobel mendirikan perusahaan sendiri. Ia gagal sehingga terpaksa kembali jadi karyawan. Pada 1975, Thayeb Gobel mendapat beasiswa Colombo Plan untuk mempelajari plastik di Jepang. Di Negeri Sakura itulah ia bertemu Konosuke Matsushita, yang membekaskan kesan mendalam bagi keduanya. Kelak, kerja sama mereka melahirkan bisnis elektronik yang mendunia.

Ketika kembali ke dunia bisnis, bekal pengetahuannya sudah cukup. Thayeb tertarik terjun berbisnis elektronik bermula dari pidato Presiden Soekarno. Ketika itu Bung Karno menginginkan setiap petani bisa menikmati barang mewah, seperti radio dan lemari es. Alhasil, kredit dari Bank Industri Nasional Rp5 juta, digunakannya mendirikan PT. Transistor Radio Manufacturing, yang memproduksi radio merek Tjawang.

Ketika itu, semua komponen radionya diimpor dari Austria. Ia meraih sukses. Gobel yakin, perangkat radio yang akan membawanya meraih kesuksesan. Ia berkeyakinan dengan berbisnis radio, perusahaannya akan berkembang di masa-masa mendatang. Melalui kontribusinya dalam mengembangkan industri elektronik inilah, Thayeb Mohammad Gobel dikenang sebagai “Bapak Industri Elektronik di Indonesia”.

Gerakan 30 September 1965 nyaris membuat usahanya bangkrut. Akan tetapi, dengan tempaan pengalaman, Gobel berhasil mengatasinya. Ketika itu, keempat koleganya menjual sahamnya kepadanya.Keluarnya UU No.1 Tahun 1967 tentang Usaha Patungan dengan Pihak Asing, memberikan keberuntungan bagi Gobel. Pada 1970, ia melakukan ekspansi usaha berpatungan dengan Matsushita Electric Industri Vo. Ltd dari Jepang dengan modal US$15 juta. Perusahaan radionya berganti nama menjadi National Gobel. Pada 1988, perusahaan ini menguasai 22 persen pangsa pasar elektronik di Indonesia, dan mengekspor produknya ke 57 negara.


Thayeb Mohammad Gobel - Konosuke Matsushita, sinergi dari dua ­loso­ perusahaan ini. Thayeb Gobel ber­loso­ "Pohon Pisang", mitranya, Matsushita dikenal dengan "Air Mengalir". Seperti cerita Rahmat Gobel, putra Thayeb Gobel, penerus usaha keluarga itu, hingga kini kedua ­loso­ pendiri perusahaan itu, bersatu dan membentuk sinergi luar biasa dalam membangun bisnis Panasonic di Indonesia.

Gobel percaya, pohon pisang simbol paling tepat untuk menggambarkan peran sebuah perusahaan di tengah masyarakat. Kita tahu, tidak ada bagian dari pohon pisang yang tak dapat digunakan. Semua berguna.

Lihatlah, buahnya enak dimakan, daun dan bagian lainnya dapat dipakai untuk berbagai keperluan sehari-hari. Sifat pohon pisang yang dapat tumbuh di mana saja menjadikannya selalu tersedia di mana pun, dan regenerasinya sangat mudah. Itulah yang menurut Gobel re‑eksi terbaik dari sebuah perusahaan. Layaknya pohon pisang, perusahaan hendaknya berguna bagi masyarakat. Artinya, kehadiran perusahaan harus bermanfaat bagi masyarakat.

Lalu, bagi Panasonic, air pun demikian, tersedia dalam jumlah relatif banyak dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan, sesuai kebutuhan. Air sangat krusial untuk kelangsungan hidup manusia. Seperti halnya air yang mengalir, produk elektronik pun seharusnya mudah tersedia dengan harga terjangkau untuk kebutuhan masyarakat. Sinergi dari kedua ­loso­ inilah yang membentuk produk-produk Panasonic senantiasa berkualitas. Layaknya air, ia mengisi kebutuhan dari tempat terendah hingga atas. Lalu, seperti pohon pisang, ia sangat berguna bagi masyarakat.


LihatTutupKomentar